Biarkan Anak Terlalu Banyak Minum Susu, Ini Risikonya

Biarkan Anak Terlalu Anak umur 1-8 tahun minimal perlu minum 250 mililiter susu setiap hari dan seharusnya tidak lebih dari 500 mililiter setiap hari atau sama dengan dua gelas kecil. Minum susu atau produk buatannya (keju, yoghurt) terlalu berlebih beresiko mengakibatkan masalah kesehatan, misalnya:

Susah bab atau sembelit
Susu tidak memiliki kandungan serat, hingga mengkonsumsinya terlalu berlebih dapat memacu Sang Kecil susah bab atau sembelit. Disamping itu, anak yang kebanyakan minum susu akan berasa kenyang dan malas konsumsi makanan bergizi lain, seperti sayur dan buah-buahan. Biarkan Anak Terlalu MPO Slot Online

Sikap itu makin menambahkan peluang anak sembelit. Keadaan ini lebih umum berlangsung pada anak yang minum lebih dari 500-700 ml susu setiap hari. Untuk mempertahankan kesehatan aliran cerna Sang Kecil, minimal pilih susu yang sudah diperkaya dengan prebiotik.

Berat badan yang berlebih sampai kegemukan
Susu sapi formulasi biasanya tinggi kalori dan lemak, hingga jika dimakan kebanyakan, bisa membuat anak alami berat badan yang berlebih sampai kegemukan. Apa lagi jika Sang Kecil suka konsumsi susu dengan perisa dan gula tambahan atau bahkan juga susu kental manis.
Kekurangan zat besi
Tidak seluruhnya susu anak sudah diperkaya dengan zat besi. Walau sebenarnya, mineral ini dibutuhkan untuk pendistribusian oksigen ke semua badan. Bila kekurangan zat besi, Sang Kecil dapat terlihat lemas, malas makan, sampai kerap sakit.
Saat anak kebanyakan minum susu, dia peluang akan jadi lebih malas makan sebab terlanjur kenyang. Ini dapat membuat kekurangan konsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi, hingga dia lebih beresiko alami anemia.
Panduan Menahan Anak Minum Susu Begitu Banyak
Walau tidak disarankan untuk konsumsi susu terlalu berlebih, tetapi hentikan konsumsi susu untuk anak tidak bisa jadi jalan keluar. Walaupun begitu, Sang Kecil sesungguhnya masih membutuhkan nutrisi dari susu untuk tumbuh berkembangnya.
Untuk mengakali supaya Sang Kecil tidak alami imbas negatif karena minum susu kebanyakan, Bunda bisa lakukan beberapa panduan berikut ini:
Tukar susu full krim dengan susu rendah lemak
Anak berumur 1-2 tahun perlu minum susu full krim sebab memerlukan banyak konsumsi lemak. Tetapi saat anak sudah mencapai umur 2-3 tahun ke atas, dia dapat diberi susu low fat, ditambah lagi jika Sang Kecil berat badan yang berlebih.
Suguhkan makanan bergizi yang memikat
Anak memerlukan bermacam gizi agar tumbuh sehat. Gizi ini mencakup protein, karbohidrat, lemak, serat, dan bermacam vitamin mineral, seperti zat besi. Bunda bisa menyediakan daging, ayam, sayur, dan buah selaku menu makan Sang Kecil.