Penyebab ASI Encer dan Cara Mengatasinya

Pemicu ASI encer ialah sebab kandung lemak didalamnya semakin sedikit. Meskipun sering membuat ibu menyusui cemas, timbulnya ASI encer di awal menyusui sesungguhnya wajar berlangsung. ASI awalnya ini disebutkan foremilk.

Bersamaan pertambahan kandungan lemak dalam ASI, struktur ASI yang encer ini secara perlahan-lahan akan makin mengental. Perombakan struktur ini akan semakin cepat nampak waktu Anda makin kerap menyusui. Penyebab ASI Encer

Walau ASI encer mempunyai kandung lemak yang lebih rendah, sesungguhnya Anda tak perlu cemas, sebab ASI encer masih berperanan penting dalam perkembangan dan perubahan bayi.

Langkah Menangani ASI Encer
Seperti sudah diterangkan di atas, ASI encer ialah hal yang normal berlangsung, terutamanya pada awal periode menyusui. Yang paling penting ialah ASI encer yang keluar masih bermutu dan sanggup penuhi keperluan gizi Sang Kecil.
Tetapi bila Anda berasa cemas dan pengin membuat ASI Anda lebih kental, coba untuk seringkali menyusui Sang Kecil. Makin kerap Anda menyusui, umumnya stabilitas dan produksi ASI Anda akan makin baik.
Disamping itu, Anda pun perlu lakukan cara-cara di bawah ini untuk jaga kualitas ASI:
1. Konsumsi makanan bergizi
Yakinkan makanan yang Anda konsumsi memiliki kandungan gizi yang komplet dan bergizi imbang. Makanlah makanan yang tinggi protein, vitamin, dan serat. Contoh-contoh makanan yang dianjurkan ialah susu, daging yang diolah sampai masak, sayur, dan buah.
2. Konsumsi air putih yang cukup
Tidak cuman konsumsi makanan bergizi, Anda pun dianjurkan untuk memenuhi keperluan cairan dengan minum air putih sekitar 8 gelas atau 2½ liter setiap hari sepanjang menyusui. Ini sebab produksi ASI bisa turun bila badan tidak terhidrasi secara baik.
3. Memenuhi keperluan tidur
Istirahat adalah sisi yang perlu dalam jaga konsistensi produksi ASI. Jadi, yakinkan jam tidur Anda terpenuhi secara baik.
4. Mengurus depresi secara baik
Walau tidak kurangi produksi ASI langsung, depresi diperhitungkan bisa menghalangi keluarnya ASI. Jadi, supaya ASI dapat keluar secara lancar dan konsumsi ASI untuk bayi dapat terpenuhi, Anda perlu mengurus depresi secara baik.
Tidak boleh cemas bila di awal pemberian ASI, ASI Anda nampak encer, sebab yang paling penting ialah Sang Kecil memperoleh ASI yang cukup. Tetapi jika Anda masih berasa cemas dan mempunyai keluh kesah sekitar pemberian ASI dan proses menyusui, tidak boleh sangsi untuk konsultasi sama dokter.