Memilih Makanan yang Tepat untuk Penderita Batu Empedu

Memilih Makanan yang Waktu tercipta batu dalam kantung empedu, keluarnya cairan empedu bisa terhalang, hingga memunculkan tanda-tanda batu empedu, seperti sakit di perut, kembung, mual, dan muntah.

Pembangunan batu empedu lebih beresiko berlangsung ke orang yang kerap konsumsi makanan banyak mengandung lemak, menanggung derita kegemukan, kerap merokok, mempunyai cholesterol tinggi, atau alami pengurangan berat tubuh mencolok dalam sekejap. Disamping itu, wanita hamil, orang yang konsumsi beberapa obat tertentu (misalkan pil KB), atau pasien penyakit hati lebih beresiko terserang batu empedu. Memilih Makanan yang

Makanan yang Bagus untuk Batu Empedu
Batu empedu dapat diatasi dengan pemakaian beberapa obat atau dengan operasi. Tidak ada diet atau skema makan tertentu yang bisa hilangkan batu empedu. Namun, konsumsi beberapa makanan di bawah ini bisa memudahkan tanda-tanda batu empedu dan menahan pembentukannya di masa datang:
1. Sayur dan buah-buahan
Pasien batu empedu dianjurkan untuk perbanyak konsumsi serat yang dapat didapat dari sayur dan buah-buahan. Kecuali kaya serat, ke-2 tipe makanan ini banyak terkandung anti-oksidan, magnesium, dan vitamin C yang diperhitungkan bisa menahan pembangunan batu empedu.
2. Whole grains
Whole grains atau beberapa bijian utuh adalah barisan makanan yang bagus untuk batu empedu. Makanan yang terhitung whole grains ini mencakup gandum, jelai, oat, nasi coklat, dan sereal.
3. Minyak ikan dan minyak zaitun
Minyak ikan yang kaya omega-3 bisa menolong kurangi resiko munculnya batu empedu. Konsumsi minyak ikan dan minyak zaitun dapat menolong pengosongan kantung empedu secara sehat dan teratur.
4. Daging rendah lemak
Daging merah yang tinggi lemak biasanya bukan makanan yang bagus untuk pasien batu empedu. Karena itu, ubahlah daging merah dengan daging ayam tanpa kulit atau ikan, sebab ke-2 tipe makanan ini memiliki kandungan lemak yang semakin sedikit.
5. Makanan yang lain
Makanan yang lain bagus untuk memudahkan dan menahan batu empedu ialah tahu, tempe, kacang-kacangan, dan susu dan produk buatannya (misalkan yoghurt). Tetapi, susu yang dimakan harus rendah lemak.
Walau beberapa makanan itu aman untuk dimakan, Anda tidak dianjurkan untuk melahapnya dalam jatah besar sekalian. Hal tersebut bisa memunculkan rasa kembung yang malah jadi parah tanda-tanda batu empedu. Anda dianjurkan untuk konsumsi makanan dalam jatah kecil tapi seringkali.