Mengenal Lebih Jauh tentang Penyebab Bisul dan Cara Mengobatinya

Mengenal Lebih Jauh Bisul tersering tampil pada tempat kulit yang lembap dan gampang berkeringat, seperti ketiak dan selangkangan. Disamping itu, bisul dapat ada di kulit muka, punggung, dada, dan pantat.

Apa Pemicu Bisul?
Infeksi bakteri adalah pemicu bisul yang umum, khususnya bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini bisa masuk di pada tubuh lewat pori-pori atau cedera di kulit. Infeksi bakteri berikut yang akan mengakibatkan infeksi sampai memacu terciptanya nanah. Mengenal Lebih Jauh

Di bawah ini ialah beberapa keadaan yang beresiko memunculkan infeksi bakteri di kulit sampai tampil bisul:

Untuk menyembuhkan bisul, Anda bisa memberi kompres hangat ke tempat bisul sepanjang 30 menit, sekitar 4 kali satu hari. Untuk menurunkan rasa ngilu yang tampil, Anda bisa konsumsi obat penurun ngilu, seperti paracetamol.
Tidak boleh coba keluarkan nanah lewat cara mendesak atau menyerang bisul dengan benda tajam, misalkan jarum. Kecuali bisa mencederai pembuluh darah, perlakuan itu dapat jadi parah infeksi.
Bila bisul pecah, tutuplah bisul dengan kasa steril, selanjutnya tanyakan sama dokter untuk menahan kompleksitas.
Kapan Saya Perlu Periksakan Bisul ke Dokter?
Bisul sesungguhnya bisa pulih sendiri tanpa penyembuhan khusus. Tetapi, pengecekan selanjutnya oleh dokter dibutuhkan bila berlangsung keadaan di bawah ini pada bisul Anda:
Anda pun disarankan untuk selekasnya memeriksa diri ke dokter bila tampil bisul waktu Anda sedang hamil atau menanggung derita penyakit tertentu, seperti HIV/AIDS, kanker, dan diabetes.
Pada keadaan itu, bisul yang didiamkan tanpa pengatasan khusus beresiko mengakibatkan kompleksitas, seperti penebaran infeksi ke semua badan (terhitung otak dan jantung), kematian kulit atau jaringan di bawah kulit, dan infeksi tulang.
Bagaimana Tangani Bisul yang Kronis?
Pada beberapa keadaan, dokter atau dokter bedah akan merekomendasikan operasi untuk keluarkan nanah. Saat sebelum operasi dilaksanakan, dokter akan memberi obat bius di tempat (lokal).
Obat bius ini akan disuntikkan langsung ke tempat seputar bisul untuk memunculkan dampak mati rasa. Seterusnya, dokter akan membuat irisan pada bisul dan keluarkan nanah.
Lubang sisa irisan akan berisi alat khusus untuk menghindarinya tertutup. Lubang ini adalah jalan keluar untuk sisa-sisa nanah yang tercipta. Alat itu akan ditarik sesudah produksi nanah telah tinggal sedikit. Cedera operasi umumnya akan pulih dalam kurun waktu 10-14 hari.
Sesudah operasi, Anda perlu tetap konsumsi obat antibiotik untuk menahan penebaran infeksi, dan obat penurun ngilu untuk memudahkan merasa sakit.