August 14, 2022

Amankah Penggunaan Bahan Pada intinya, bahan pengawet bisa saja dipakai sepanjang bahan itu telah tercatat dan dibolehkan pemakaiannya dengan ukuran yang pas oleh Tubuh Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Beberapa bahan pengawet makanan yang aman dan kerap dipakai ialah sulfur dioxide, asam sorbat, asam benzoat, asam sitrat, sorbitol, asam tartarat, dan asam malat Amankah Penggunaan Bahan

Meskipun beberapa salah satunya aman, Anda pun perlu mengenali bahan pengawet makanan yang beresiko. Bila dimakan dalam periode panjang, beberapa bahan ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Berikut contoh-contoh pengawet makanan dan resikonya untuk badan:

1. Formalin dan boraks
Ke-2 bahan pengawet ini bisa mengakibatkan masalah di kulit, jantung, mekanisme pernafasan, dan ginjal. Formalin dan boraks bahkan juga dapat menghancurkan otak dan mekanisme saraf.

2. Sodium benzoate
Ada sangkaan jika bahan ini dipakai selaku pengawet makanan, resiko berlangsungnya sikap yang hiperaktif, leukemia, dan kanker tipe yang lain bisa bertambah.
3. Sodium nitrate
Pemakaian bahan pengawet ini pada makanan diperhitungkan bisa menghancurkan pembuluh darah dan membuat arteri jadi kaku dan menyempit.
4. TBHQ atau tertiary butylhydroquinone
Bahan pengawet ini bisa tingkatkan resiko tumbuhnya tumor, mengusik peranan organ hati, dan menghancurkan saraf.
Makanan yang Tidak Perlu Menggunakan Bahan Pengawet
Sesungguhnya tidak seluruhnya makanan harus memakai pengawet. Pemakaian pengawet diperlukan untuk jaga kesegaran dan kualitas makanan, hingga masih dapat dimakan dalam periode waktu tertentu. Biasanya, tipe makanan yang memerlukan pengawet ialah makanan yang berkadar air yang tinggi atau lembap.
Salah satunya tipe makanan yang tak perlu pengawet ialah produk makanan kering, seperti keripik atau cemilan. Tipe makanan itu berkadar air dan kelembapan yang rendah, hingga resiko perkembangan bakteri, ragi, dan jamur kecil. Terutama bila makanan kering itu dibungkus secara baik.
Penting untuk memperhatikan tipe bahan pengawet yang dipakai pada makanan yang akan Anda konsumsi. Yakinkan bahan pengawet yang dipakai aman, dan sedapat mungkin tidak boleh mengkonsumsinya terlalu berlebih.
Bila Anda berasa alami masalah kesehatan karena kerap konsumsi makanan dengan bahan pengawet yang tidak aman, tidak boleh sangsi untuk memeriksa diri ke dokter.
error: Content is protected !!