Beberapa Penyebab Benjolan di Selangkangan

Beberapa Penyebab Benjolan Warna tonjolan di selangkangan dapat sama dengan warna kulit disekelilingnya dan juga bisa warna kemerahan atau keunguan. Disamping itu, beberapa tonjolan bisa juga dibarengi koreng atau pecah, hingga memunculkan cedera terbuka.

Keadaan yang Mengakibatkan Tonjolan di Selangkangan
Ada beberapa jenis pemicu tonjolan di selangkangan, dan setiap mempunyai tanda-tanda yang lain. Di bawah ini ialah beberapa pemicu timbulnya tonjolan di selangkangan: Beberapa Penyebab Benjolan

1. Bengkak kelenjar getah bening
Bengkak kelenjar getah bening atau limfadenopati ialah pemicu tonjolan di selangkangan yang tersering dijumpai. Kelenjar getah bening umumnya membesar sebab infeksi virus atau bakteri, seperti campak, tuberkulosis, dan mononukleosis.

Kecuali infeksi, bengkak kelenjar getah bening di selangkangan bisa juga tampil karena luka, penyakit autoimun, sampai kanker.

Kista ialah tonjolan yang tercipta sebab ada kantong berisi jaringan dan cairan, seperti darah atau nanah. Kista dapat tumbuh dibagian badan atau tempat kulit mana juga, terhitung di selangkangan. Sejumlah besar kista memiliki sifat jinak atau non-kanker.
Kista yang memiliki ukuran kecil kerap kali tidak memunculkan tanda-tanda. Tetapi jika tonjolan jadi membesar dan mendesak organ atau anggota badan disekelilingnya, dapat memunculkan merasa sakit.

Abses ialah tonjolan yang berisi kelompok nanah yang tercipta dari sel darah putih, bakteri, dan kumpulan sel tubuh mati. Abses biasanya tampil karena ada infeksi bakteri.
Kecuali tonjolan, tanda-tanda yang kemungkinan tampil ialah demam, kemerahan, ngilu, dan rasa panas pada wilayah yang terserang abses.
4. Hernia
Hernia berlangsung saat beberapa usus muncul atau keluar lewat jaringan otot atau jaringan ikat disekelilingnya. Semestinya, jaringan ikat dan otot lumayan kuat untuk meredam organ badan didalamnya agar masih ada pada tempatnya semasing. Pada hernia, jaringan ikat dan otot menurun, hingga tidak bisa meredam status organ dalam rongga perut.
Tipe hernia yang memunculkan tonjolan di selangkangan ialah hernia inguinal yang seringkali berlangsung pada pria dan hernia femoral yang umumnya menerpa wanita.
Tonjolan karena hernia ada yang dapat lenyap saat tiduran. Tetapi, tonjolan bisa kembali tampil saat penderitanya ketawa, batuk, atau mengejan. Disamping itu, tonjolan akan berasa ngilu waktu penderitanya mengusung atau bawa benda berat.
5. Hidrokel
Hidrokel ialah keadaan saat skrotum (kantung buah zakar) membesar karena ada penimbunan cairan didalamnya. Biasanya, hidrokel berlangsung pada bayi lelaki baru lahir, tapi keadaan ini bisa juga dirasakan pria dewasa.
Hidrokel pada bayi dapat lenyap sendirinya tanpa penyembuhan saat umurnya mencapai satu tahun. Pada pria dewasa, penimbunan cairan ini bisa membuat skrotum berasa lebih berat, memunculkan merasa tidak nyaman, dan bengkak di seputar skrotum atau di selangkangan.
Meskipun begitu, keadaan ini biasanya tidak beresiko dan tidak memunculkan merasa sakit.