Penyebab Dahak Berdarah dan Cara Penanganan yang Tepat

Penyebab Dahak Berdarah Saat alami dahak berdarah, Anda dianjurkan untuk lakukan pengecekan ke dokter. Dokter akan lakukan tanya-jawab komplet berkenaan keluh kesah yang Anda rasakan, diteruskan dengan pengecekan fisik lengkap. Apabila dibutuhkan, akan dilaksanakan pengecekan simpatisan, seperti test dahak, test darah, rontgen dada, CT scan, dan bronkoskopi.

Bermacam pengecekan itu dilaksanakan untuk mengenali pemicu dahak berdarah yang Anda rasakan, hingga dokter bisa memberi pengatasan yang tepat. Penyebab Dahak Berdarah

Pengatasan dahak berdarah akan disamakan dengan pemicunya. Bila dahak berdarah disebabkan karena infeksi bakteri, seperti tuberkulosis dan pneumonia, dokter akan memberi obat antibiotik. Bila disebabkan karena tumor atau kegarangan, kemungkinan dibutuhkan perlakuan dan penyembuhan tertentu.

Anda dianjurkan untuk jalani penyembuhan yang diberi oleh dokter sampai habis. Sedapat mungkin jauhi penyembuhan alami, herbal, atau therapy lain, tanpa berunding dahulu sama dokter.

Penjagaan Dahak Berdarah
Bermacam penyakit dan masalah di aliran pernafasan bisa mengakibatkan dahak berdarah. Untuk menghindarinya, Anda perlu mempertahankan kesehatan mekanisme pernafasan secara baik. Triknya sebagai berikut ini:
Stop merokok
Jika Anda ialah seorang perokok, cepatlah stop merokok, sebab rokok memiliki kandungan bermacam toksin yang bisa mencelakakan mekanisme dan aliran pernafasan. Disamping itu, jauhi paparan asap rokok, sebab perokok pasif dapat alami imbas yang serupa jeleknya dengan perokok aktif.
Jauhi mengisap debu dan asap
Sedapat mungkin pakai masker atau perlindungan untuk menghindar paparan debu dan pencemaran udara, seperti asap motor atau asap pabrik. Paparan debu dan asap dapat tingkatkan resiko timbulnya masalah pada paru-paru dan aliran pernafasan. Disamping itu, paparan debu dan asap rokok bisa juga jadi memperburuk keluh kesah pasien penyakit paru obstruktif akut (PPOK), asma, dan infeksi paru-paru.
Memperbanyak minum air putih
Kecuali untuk menahan dehidrasi dan mempertahankan kesehatan badan keseluruhannya, minum air putih dengan jumlah yang cukup dapat mencairkan dahak hingga lebih gampang dikeluarkan.
Walau tidak selamanya beresiko, dahak berdarah bisa mengisyaratkan ada satu keadaan yang serius. Untuk menghindariinya, sedapat mungkin menjaga kesehatan mekanisme pernafasan lewat beberapa cara yang diuraikan di atas. Apabila Anda alami dahak berdarah, kerjakan pengecekan ke dokter untuk memperoleh pengatasan yang tepat.