Ketahui Penyebab Mimisan pada Anak saat Tidur

Ketahui Penyebab Mimisan Keluarnya darah dari hidung Sang Kecil kemungkinan mengagetkan dan membuat Anda cemas. Tetapi, tak perlu cemas. Beberapa anak memang lebih gampang alami mimisan dibanding orang dewasa, karena pembuluh darah dalam hidung mereka semakin banyak dan tipis.

Ada banyak pemicu hal yang lain menjadi pemicu mimisan pada anak waktu tidur, yakni: Ketahui Penyebab Mimisan

1. Kerap mengorek hidung
Pemicu mimisan pada anak waktu tidur yang pertama ialah rutinitas kerap mengorek hidung.

Waktu lakukan ini, ujung kuku yang dipakai untuk mengorek hidung dapat menyobek atau mencederai pembuluh darah kecil yang berada dalam hidung. Berikut argumen kenapa Sang Kecil dapat mimisan saat asyik mengorek hidungnya.

2. Udara kering
Sering ada di ruang ber-AC dalam waktu lama membuat rongga hidung jadi kering. Ini selanjutnya akan memunculkan kerak karena mengeringnya lendir dalam hidung, yang akan membuat iritasi mukosa hidung. Saat digaruk, darah akan keluar dari pembuluh darah dalam hidung.
3. Alergi atau pilek
Penyakit yang dapat memunculkan tanda-tanda berbentuk hidung mampet dan iritasi, seperti pilek, sinusitis, dan alergi, bisa mengakibatkan mimisan. Disamping itu, debu di kamar bisa juga jadi penyebab munculnya alergi pada anak. Waktu berlangsung infeksi karena alergi atau iritasi pada mukosa hidung, pembuluh darah bisa menjadi makin ringkih dan gampang berdarah.
4. Luka pada hidung
Beberapa anak kerap mengigau waktu tertidur. Anak-anak bahkan juga ada yang bisa berjalan atau meronta saat mengigau. Ini dapat membuat anak alami luka karena terbenturnya muka ke pinggir tempat tidur atau tembok. Bila ini berlangsung, Sang Kecil dapat alami mimisan karena luka di hidung.
Selain luka karena mengigau waktu tidur, mimisan pada anak waktu tidur bisa juga berlangsung karena masuknya benda asing ke hidung Sang Kecil.
5. Masalah pembekuan darah
Walau jarang ada, salah satu perihal yang bisa mengakibatkan Sang Kecil kerap alami mimisan ialah masalah pembekuan darah. Keadaan ini dapat muncul karena efek beberapa obat, seperti obat pencair darah, atau penyakit tertentu.
Anak yang mempunyai masalah pembekuan darah bisa alami pendarahan secara tiba-tiba, seperti pada waktu mendekati tidur atau kerap mimisan saat sedang melakukan aktivitas di sekolah dan bermain.