Jangan Biarkan Jerawat di Ketiak Terus Membandel

Jangan Biarkan Jerawat erawat dan tonjolan di ketiak kerap dipandang remeh. Walau sebenarnya bila didiamkan, tonjolan itu dapat memunculkan keluh kesah, seperti kemerahan, lebam, dan ngilu. Bila pecah dan memunculkan cedera, jerawat di ketiak bisa tinggalkan jaringan parut.

Timbulnya jerawat di ketiak kerap berlangsung sesudah pubertas, kadang bersambung sampai sekian tahun. Jangan Biarkan Jerawat

Wujud jerawat yang disebabkan karena hidranitis suprativa di ketiak bisa berbentuk:

Komedo dan lubang
Komedo dan lubang yang bernanah adalah tanda-tanda yang tersering diketemukan pada hidranitis supurativa.
Tonjolan lunak dan warna merah
Saat alami hidranitis supurativa, tonjolan yang tampil dapat dibarengi gatal, panas, dan berisi nanah yang bau busuk.
Tonjolan sebesar kacang yang menyakitkan
Jerawat di ketiak yang disebabkan karena hidranitis supurativa kemungkinan berbentuk tonjolan keras, ngilu, dan bau. Tonjolan ini dapat jadi membesar dan bertahan sepanjang tahun.
Walau pemicu tentu hidranitis supurativa belum tahu, tetapi ada faktor-faktor yang bisa tingkatkan resiko timbulnya keadaan ini, yakni sindrom metabolik, rutinitas merokok, kegemukan, masalah pada mekanisme ketahanan tubuh, dan ada jerawat dibagian badan lain.
Langkah Menangani Jerawat di Ketiak
Pengatasan jerawat di ketiak bergantung di tingkat keparahannya. Bila enteng, cukup dikompres dengan handuk hangat dan dibikin bersih secara teratur dengan sabun antibakteri.
Tetapi bila jerawat telah kronis bahkan juga membesar dan memunculkan rasa ngilu, seharusnya kerjakan pengecekan ke dokter. Dokter akan memberi obat beri atau obat minum untuk menurunkan lebam dan ngilu. Jika memang dibutuhkan, dokter dapat memberi antibiotik atau bahkan juga merekomendasikan perlakuan pembandinghan.
Tidak boleh remehkan jerawat di ketiak, apa lagi kalau sudah membesar dan benar-benar ngilu. Bila Anda merasakannya, lakukan pengecekan ke dokter. Dengan pengatasan yang pas, jerawat di ketiak akan bisa lebih cepat sembuh, tanpa memunculkan sisa atau kompleksitas.
Jerawat di ketiak dapat disebabkan karena sumbatan dan infeksi pada kelenjar minyak atau kelenjar keringat. Keadaan ini dapat memunculkan merasa tidak nyaman. Tetapi, tidak boleh cemas. Ada cara-cara yang dapat dilaksanakan untuk menanganinya.
Hidradenitis supurativa atau kerap disebutkan dengan acne inversa, adalah infeksi yang berlangsung pada kelenjar keringat. Keadaan ini dapat berlangsung di beberapa lokasi yang mempunyai kelenjar keringat, terhitung ketiak.