Penyebab Pipi Bengkak dan Cara Mengatasinya

Penyebab Pipi Bengkak Salah satunya keadaan umum yang mengakibatkan pipi lebam ialah masalah pada kelenjar liur yang disebabkan oleh sumbatan, infeksi, infeksi, atau bahkan juga tumor.

Di bawah ini ialah beberapa penyakit berkaitan kelenjar ludah yang dapat mengakibatkan pipi jadi lebam: Penyebab Pipi Bengkak

1. Infeksi
Infeksi di mulut yang mengakibatkan pipi lebam dapat disebabkan karena bakteri atau virus. Salah satunya penyakit infeksi yang bisa mengakibatkan pipi lebam ialah gondongan.

Penyakit ini disebabkan karena infeksi paramyxovirus yang serang kelenjar ludah di mulut. Sebab tempatnya yang ada dalam pipi, karena itu bengkak kelenjar ini akan mengakibatkan salah satunya atau ke-2 pipi nampak lebam. Penyakit ini biasanya bisa berkurang sendiri dalam sekian hari.

Infeksi bakteri pada kelenjar ludah dapat mengakibatkan pipi jadi lebam. Penyakit ini disebutkan sialadenitis. Pipi lebam sebab infeksi bakteri disebabkan karena kelenjar ludah yang meradang dan ada penimbunan nanah di seputar kelenjar itu.
Bila tidak diobati, sialadenitis bisa mengakibatkan pipi lebam yang dibarengi demam tinggi, ngilu berat di sekiat bengkak pipi, dan susah buka mulut.
2. Permasalahan gigi dan gusi
Pipi lebam bisa juga menjadi salah satu tanda-tanda dari abses gigi. Abses gigi ialah keadaan di mana berlangsung penimbunan nanah di seputar gigi dan gusi karena infeksi bakteri. Bila tidak diobati, abses gigi bisa menyebabkan gigi tanggal dan infeksi yang menebar ke organ lain.
Kecuali permasalahan gigi, masalah kesehatan pada gusi ikut jadi dalang dari pipi lebam. Diantaranya ialah perikoronitis. Perikoronitis berlangsung saat jaringan gusi, khususnya di seputar gigi bungsu, alami infeksi. Keadaan ini dibarengi dengan keluarnya nanah, bengkak gusi dan pipi, dan rasa ngilu di gusi dan mulut.
3. Batu di air liur
Keadaan di mana air liur mengendap atau mengeras ini dikatakan sebagai sialolithiasis. Air liur yang telah mengeras bisa merintangi aliran air liur, hingga mengakibatkan bengkak dan merasa sakit yang raib muncul pada pipi. Penyakit ini umumnya mengakibatkan ngilu dan lebam di salah satunya pipi.
4. Alergi
Pipi lebam adalah salah satunya tanda-tanda dari reaksi alergi. Pada reaksi alergi yang kronis, yakni terguncang anafilaktik, bengkak bisa juga berlangsung pada lidah dan kerongkongan. Keadaan ini mengakibatkan penderitanya susah bernapas.
5. Masalah hormon
Pipi lebam bisa juga disebabkan karena permasalahan pada hormon, seperti hipotiroidisme, yakni keadaan di mana badan tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Beberapa tanda-tandanya ialah tidak kuat dengan temperatur dingin, berat tubuh naik, dan kerap mengantuk.
Disamping itu, lebam di pipi bisa juga disebabkan karena sindrom Cushing, yakni penyakit yang berlangsung saat badan menghasilkan kebanyakan hormon kortisol. Penyakit ini kerap berlangsung ke orang yang memakai beberapa obat kortikosteroid dalam periode panjang.