Mengenal 2 Jenis Ambeien dari Cirinya

Mengenal 2 Jenis Ambeien Ambeien berlangsung saat pembuluh darah di usus besar sisi akhir (rektum) dan dubur atau anus membesar. Berdasar posisi dan tanda-tanda yang diakibatkan, ambeien terdiri jadi 2 tipe, yakni:

Ambeien dalam (intern hemorrhoid)
Disebutkan begitu sebab bengkak yang berlangsung ada dalam anus, persisnya di liang rektum. Biasanya, ambeien dalam tidak memunculkan keluh kesah sakit sebab di liang rektum sedikit ada saraf. Mengenal 2 Jenis Ambeien

Pada ambeien ini, tonjolan kemungkinan tidak berasa dan tidak nampak di luar anus, hingga jarang-jarang memunculkan keluh kesah. Ambeien dalam dapat pulih sendirinya.

Ini adalah tipe ambeien enteng dan umumnya baru teridentifikasi saat ada darah yang keluar dari anus waktu BAB. Tanda-tanda ambeien dalam lainnya ialah gatal dan ngilu pada anus. Tanda-tanda ini umumnya baru tampil saat ambeien dalam jadi makin besar.
Ambeien luar (eksternal hemorrhoid)
Pada tipe ambeien ini, posisi bengkaknya ada di luar rektum ataupun lebih persisnya di seputar lubang anus. Orang yang alami ambeien luar bisa menyalahkan gejala-gejala, misalnya:
Dari tanda-tandanya, ambeien luar berasa lebih ngilu dan kerap kali membuat penderitanya berasa tidak nyaman. Ini sebab pembuluh darah yang alami bengkak ada di bawah kulit seputar anus, di mana terdapat semakin banyak saraf di tempat itu.
Ini Mengakibatkan bila Ambeien Tidak Diatasi dengan Baik
Bila tidak diatasi secara baik, ke-2 tipe ambeien di atas dapat makin kronis dan berkembang jadi ambeien prolaps atau trombosis. Di bawah ini penejelasannya:
Ambeien prolaps
Disebutkan ambeien prolaps bila tonjolan telah keluar melalui liang anus. Pada beberapa kasus, tonjolan karena ambeien yang telah alami prolaps ini dapat masuk kembali pada dalam anus sendirinya.
Tetapi, beberapa yang lain perlu didorong dengan tangan untuk masuk kembali. Pada ambeien prolaps, ngilu di anus makin lebih berasa menyakitkan saat duduk dan saat bab.
Ambeien trombosis
Ambeien trombosis berlangsung saat tercipta gumpalan darah pada tonjolan wasir. Mengakibatkan, saluran darah di seputar anus jadi terhalang sebab aglutinasi darah ini, hingga supply darah ke jaringan anus menyusut. Keadaan ini akan membuat tanda-tanda ambeien makin kronis.
Pada ambeien trombosis, tonjolan wasir dapat terlihat warna ungu kebiruan, dan memunculkan rasa gatal yang mengagumkan dan ngilu yang luar biasa saat berdiri, berjalan atau bab.
Tipe ambeien luar dan dalam atau ambeien prolaps yang belum begitu kronis biasanya bisa diatasi dengan perawatan rumahan, misalnya: