Kenali Jenis Jenis Stroke yang Menyerang Mata

Kenali Jenis Jenis Stroke Berdasar posisi pembuluh darah yang alami sumbatan, stroke mata bisa dibagi jadi beberapa macam, yakni:

Oklusi retina sentra
Stroke mata tipe ini berlangsung karena ada sumbatan pada pembuluh darah khusus yang ke arah saraf mata. Keadaan itu mengakibatkan saraf mata tidak memperoleh suplai darah. Kenali Jenis Jenis Stroke

Umumnya kasus stroke mata karena oklusi retina sentra berlangsung tanpa diakui sebab tidak memunculkan tanda-tanda apa saja awalnya, dan dapat segera mengakibatkan raibnya pandangan.
Pada stroke mata karena oklusi retina sentra, perawatan harus selekasnya dilaksanakan. Ini mempunyai tujuan untuk menahan berlangsungnya kerusakan saraf tetap yang akan berbuntut pada kebutaan.
Oklusi retina cabang
Stroke mata tipe ini berlangsung jika sumbatannya cuman pada salah satunya cabang pembuluh darah yang ke arah retina. Sumbatan itu mengakibatkan beberapa retina alami kekurangan darah dan oksigen, hingga berlangsung masalah pandangan secara mendadak.
Biasanya, perawatan untuk stroke mata oklusi retina cabang mempunyai tujuan untuk jaga supaya kekuatan pandangan tidak raib secara tetap. Karena itu, dokter dapat memberi pengatasan berbentuk therapy beberapa obat atau operasi laser.
Giant cell arteritis (GCA)
Stroke mata yang lain disebabkan karena artritis sel raksasa (giant cell arteritis/GCA). Giant cell arteritis ialah keadaan di mana susunan arteri alami infeksi dan membesar, hingga kurangi suplai darah ke semua badan. Walau dapat berlangsung pada pembuluh arteri dibagian badan mana juga, tapi keadaan ini seringkali berlangsung pada arteri di pelipis.
Pada mata, keadaan ini dapat mengakibatkan keluh kesah berbentuk penglihatan buram atau bahkan juga kebutaan tetap pada salah satunya mata.
Sebab bisa serang arteri lain pada tubuh, GCA bisa juga memunculkan keluh kesah umum berbentuk demam, pusing, kecapekan, kekakuan persendian, ngilu otot, ngilu di rahang waktu kunyah atau bicara, dan pengurangan berat tubuh secara mendadak.
Penyakit giant cell arteritis harus memperoleh penyembuhan selekasnya. Bila tidak, keadaan itu bisa mengakibatkan kebutaan secara tetap.
Ke-3 tipe stroke yang serang mata di atas perlu dicurigai. Ditambah lagi jika Anda menanggung derita diabetes, cholesterol tinggi, hipertensi, penyakit jantung, dan glaukoma. Selekasnya tanyakan ke dokter mata bila Anda alami beberapa gejala yang diuraikan di atas, agar diberi pengatasan secepat-cepatnya.