Benarkah Terlalu Gemuk atau Kurus Bisa Susah Hamil

Benarkah Terlalu Gemuk Ada dua hal berkaitan berat tubuh yang penting kamu lihat jika pengin selekasnya mempunyai anak, yakni Index Massa Badan (IMT) dan kandungan lemak badan.

Angka IMT 18,5-24,9 memang terhitung normal. Tetapi, kesempatan hamil terhebat berlangsung waktu IMT ada di bentang 20-25. Wanita yang begitu kurus (IMT kurang dari 20) atau berat badan yang berlebih IMT lebih dari 25 mempunyai kesempatan kehamilan 18% lebih rendah dibanding wanita dengan berat tubuh bagus. Benarkah Terlalu Gemuk

Permasalahan sama berlangsung pada wanita yang begitu berotot dan berkadar lemak yang begitu sedikit di badannya. Wanita dengan keadaan ini beresiko alami kesusahan untuk hamil, walau mempunyai berat tubuh bagus. Ini sebab dibutuhkan minimal 22% lemak di badan wanita untuk selalu memperoleh menstruasi.
Menstruasi jadi salah satunya tanda jika ada sel telur yang dilepaskan. Bila berlangsung masalah pada menstruasi, karena itu kemungkinan berlangsung masalah pada sel telur dan ovulasi, hingga kehamilan juga jadi susah terwujud.
Bila wanita yang mempunyai permasalahan pada berat tubuh sukses hamil, kehamilan yang berlangsung lebih rawan alami kompleksitas, dimulai dari keguguran, kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat tubuh rendah atau berlebihan, sampai bayi lahir dengan cacat bawaan, seperti abnormalitas jantung.
Argumen Berat Tubuh Dapat Dampaki Kesuburan
Berat tubuh mempengaruhi kesuburan lewat kandungan hormon. Hormon mempunyai peranan utama pada semua proses dan tingkatan kehamilan, dimulai dari pelepasan sel telur, pembuahan oleh sperma, sampai perubahan hasil pembuahan jadi janin di kandungan.
Di bawah ini ialah keterangan kenapa keadaan hormon pada wanita yang kelebihan atau kekurangan berat tubuh dapat mengakibatkan susah hamil:
Pemicu begitu gendut turunkan kesempatan hamil
Lemak mempunyai peranan penting dalam produksi dan penyimpanan hormon reproduksi, seperti estrogen. Wanita yang berat badan yang berlebih dan kegemukan berkadar lemak semakin tinggi. Ini akan mengakibatkan semakin banyak hormon estrogen yang tercipta.
Nah, jumlah estrogen yang terlalu berlebih malah mengusik mekanisme reproduksi wanita. Itu penyebabnya, beberapa wanita yang mempunyai berat tubuh berlebihan dan kegemukan alami menstruasi yang tidak teratur.
Disamping itu, berat badan yang berlebih dapat turunkan tingkat keberhasilan program bayi tabung (in vitro fertilization). Bahkan juga, kegemukan terkait dengan keadaan PCOS sebagai salah satunya pemicu berkurangnya tingkat kesuburan wanita.