6 Ketidaknyamanan saat Kehamilan Trimester 2 yang

6 Ketidaknyamanan saat Pada kehamilan trimester 2, walau ibu hamil mulai berasa semakin nyaman, ada banyak keluh kesah yang sering tampil, yakni:

1. Pusing

Pusing adalah keluh kesah yang kerap berlangsung sepanjang kehamilan, terhitung waktu masuk trimester 2. Ini sebab berlangsung perombakan perputaran darah waktu hamil. 6 Ketidaknyamanan saat

Untuk menanganinya, Bumil dianjurkan untuk duduk langsung atau istirahat waktu rasa pusing tampil. Sedang untuk menghindarinya, penuhi keperluan cairan dengan perbanyak minum air putih, jauhi berdiri kelamaan, dan bangun secara perlahan sesudah duduk atau tiduran.

2. Hidung mampet
Waktu hamil, perombakan hormon bisa memacu membesarnya membran pada hidung. Bengkak ini akan membuat hidung mampet.
Untuk menangani keluh kesah itu, Bumil dapat lakukan pengatasan alami, seperti mencuci hidung dengan larutan saline (saline turun) atau menempatkan alat pelembap udara dalam ruang. Ke-2 langkah ini dipandang aman untuk menangani hidung mampet waktu hamil.
Bila hidung mampetnya cukup menggangu dan ibu sangsi untuk memakai larutan tulis, seharusnya konsultasi ke dokter dahulu ya, Bumil.
3. Permasalahan pada gigi dan gusi
Kenaikan perputaran darah ke gusi sepanjang kehamilan dapat membuat gusi jadi lebih peka. Ini akan membuat gusi lebih gampang berdarah. Disamping itu, muntah yang terlalu berlebih sepanjang kehamilan bisa juga menghancurkan susunan paling luar gigi (enamel) dan tingkatkan resiko berlangsungnya gigi berlubang.
Karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk memakai sikat gigi berbulu lembut dan menggosok gigi secara perlahan-lahan. Disamping itu, janganlah lupa untuk lakukan pengecekan ke dokter gigi secara teratur, supaya kesehatan gigi dan mulut sepanjang kehamilan selalu terlindungi.
4. Perombakan kulit
Waktu masuk kehamilan trimester 2 ini, Bumil tidak boleh terkejut menyaksikan perombakan di kulit, seperti timbulnya vlek hitam di wajah dan timbulnya garis-garis kemerahan di perut. Keadaan ini muncul karena produksi melanin yang bertambah karena perombakan hormon waktu kehamilan.
Kecuali dampak hormonal, munculnya vlek hitam dan garis kemerahan ini bisa juga dipacu oleh pancaran cahaya matahari.
Nah, karena itu, Bumil dianjurkan untuk menghindar pancaran cahaya matahari langsung. Bila pengin beraktivitas di luar ruang di siang hari, janganlah lupa memakai perlindungan, seperti payung, topi, dan memoleskan tirai surya ke kulit.5
5. Kram kaki
Sepanjang trimester 2, kemungkinan Bumil akan rasakan kram kaki, terutamanya pada malam hari. Ada bermacam factor yang bisa mengakibatkan timbulnya keluh kesah ini, dimulai dari perombakan hormon, perombakan berat tubuh, dehidrasi, sampai kecapekan.
Oleh karena itu, saat sebelum tidur, lakukan pengenduran pada otot-otot betis buat menahan timbulnya keluh kesah ini. Bumil bisa juga menanganinya dengan memendam kaki di air hangat atau memijat kaki secara perlahan-lahan. Hal yang jangan Bumil lupakan ialah memenuhi keperluan cairan.